Rabu, 30 Januari 2019

Tutorial Instalasi OS Windows 10

Tutorial yang bakal saya bagikan kali ini mengenai teknik menginstall (ulang) windows 10. Seperti yang kamu ketahui bahwa windows 10, sistem operasi besutan Microsoft ini mengundang perhatian khusus untuk pemakai komputer.


Banyak dari mereka yang mengerjakan upgrade dari sistem operasi lama mereka ke windows 10. Hal itu wajar-wajar saja, menilik interface dari windows 10 ini sangatlah anggun dan keren.

Tampilan windows 10 ini adalahperpaduan antara windows 7 dan windows 8. Perlu kamu tahu juga, teknik menginstallnya pun nyaris serupa dengan teknik menginstall windows 8. Saran saya, baca baik-baik tutorialnya sampai berakhir biar nantinya tidak terdapat masalah saat proses instalasi windows 10 nya.

Sebelum menginstall sistem operasi windows 10, ada sejumlah hal yang perlu kamu perhatikan, diantaranya inilah ini :


  • Siapkan DVD installer windows 10 nya terlebih dahulu yah, sebab tutorial kali ini memakai DVD guna media instalasinya.
  • Agar booting kesatu kali dari DVD, silakan setting terlebih dahulu boot device priority pada menu BIOS.
  • Jika yang diinstall laptop, colokkan charger segera, tidak boleh sampai batrei berakhir waktu mengerjakan instalasi.
  • Seperti biasa, siapkan sejumlah camilan atau dapat juga seraya dengerin musik, sebab proses instalasi windows 10 lumayan lama. Proses instalasinya tidak cukup lebih separuh jam dan separuh jam tersebut sangat lama untuk saya, hehehe nginstallnya nyantai saja seraya nyemil.


Bagaimana teknik setting BIOS supaya booting dari DVD?

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kamu harus setting BIOS supaya booting kesatu kali dilaksanakan dari DVD. Karena defaultnya komputer/ laptop booting kesatu kali dari HDD, maka kamu harus menggantinya dengan teknik sebagai inilah :

1. Nyalakan atau restart komputer/ laptop anda. Setelah itu, tekan tombol DEL(Delete) berulang kali sampai hadir tampilan BIOS laksana gambar dibawah ini. Oh yah, tidak seluruh komputer/ laptop memakai tombol DEL guna masuk ke menu BIOS loh, ada sejumlah tombol yang sangat umum dipakai seperti F1, F2, atau Fn+F2 tergantung manufacturernya. Selanjutnya pindah ke tab Boot memakai tombol ◄ ►.

tampilan mula bios windows 10


2. Seperti yang kamu lihat bahwa Hard Drive atau HDD berada pada urutan teratas. Hal itu menandakan bahwa booting kesatu kali dilaksanakan dari HDD.

HDD booting kesatu kali windows 10

3. Supaya booting kesatu kali dilaksanakan dari DVD, silakan pilih CD-ROM Drive lantas geser memakai tombol +/ – hingga berada di urutan teratas laksana yang terlihat pada gambar berikut.

pilih Cd drive windows 10

4. Jangan tak sempat masukkan DVD installer windows 10nya ke DVDROM, lantas simpan hasil settingan BIOS kamu tadi dengan mengurangi tombol F10, kemudian pilih Yes.

simpan pengaturab bios 2
Langkah-langkah menginstall windows 10

Setelah kamu sudah setting BIOS supaya booting kesatu kali dari DVD, saatnya kamu melakukan instalasi windows 10. Simak langkah-langkah sebagai berikut untuk menginstall windows 10 :

1. Tekan sembarang tombol untuk mengawali instalasi windows 10. Misalkan kamu dihadapkan pulang dengan tampilan laksana ini pada tengah-tengah proses instalasi, tidak boleh tekan tombol apapun ya, karena kamu akan diangkut kembali ke proses mula instalasi andai melakukannya.

tekan sembarang tombol guna booting windows 10

2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format, guna yang lainnya laksana Language to install dan Keyboard or input method biarkan default, tidak usah diganti.

pilih time and currency windows 10

3. Selanjutnya pilih Install now.

pilih Install now windows 10

4. Kemudian centang I accept the license terms, kemudian pilih Next guna melanjutkan.

centang agreement windows 10

5. Pada tahapan berikut ini, silakan pilih Custom: Install Windows only (advanced).

pilih custom guna partisi windows 10

6. Misalkan kamu ingin mengerjakan install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama kamu ke windows 10, lumayan delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, nanti secara otomatis, kedua partisi yang kamu hapus itu menjadi Unallocated Space (belum dipartisi).

Nah, selanjutnya silakan bikin partisi baru lagi dan jadikan Drive 0 Partition 2 sebagai tempat instalasinya, kemudian pilih Next guna melanjutkan. Dengan begitu, data-data pada partisi beda tetap aman (tidak terhapus). Lebih jelasnya, simak gambar gif sebagai berikut (Jika kamu menggunakan ponsel saat menyimak tutorial ini, pastikan kamu menggunakan browser Chrome atau Mozilla supaya gambar gif bergerak dengan sempurna):

    Bagi kamu yang hendak install ulang maupun upgrade/ downgrade dari sistem operasi windows lama kamu ke windows 10, silakan lewati tahapan nomor 7-11. Dan bagi kamu yang HDDnya masih kosong, mulus atau yang belum pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya, silakan lewati tahapan nomor 6 ini.

install ulang windows 10

7. Seperti yang kamu lihat pada gambar inilah bahwa ruang HDD masih kosong (Unallocated Space). Bagi itu, kamu harus mempartisinya. Bagi jumlah partisinya, dapat 2 atau lebih, sesuai kemauan anda.

proses partisi windows 10

8. Silakan pilih Drive 0 Unallocated Space > New, tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih Apply. Ukurannya tidak boleh terlalu tidak sedikit dan tidak boleh terlalu tidak banyak juga. Misalkan ukuran HDD kamu 320GB/ 500GB, beri ukuran 100GB saja telah cukup, sebab partisi yang kesatu kali kamu buat ini adalahpartisi system (partisi C:).

pilih new untuk menciptakan partisi windows 10

9. Pilih OK untuk penciptaan system reserved partition.

pilih yes untuk menciptakan system reserved windows 10

10. Silakan bikin 1 atau lebih partisi lagi dengan teknik yang sama laksana pada tahapan nomor 8.

buat partisi lagi windows 10

11. Seperti yang kamu lihat pada gambar inilah ini, saya melulu membuat 2 partisi utama. Selanjutnya pilih Drive 0 Partition 2 untuk tempat instalasinya (jangan ditempatkan di partisi beda ya), kemudian pilih Next.

lokasi instalasi windows 10

12. Proses instalasi sedang berjalan. Proses ini memakan masa-masa kira-kira 30 menitan, tunggu saja sambil santap keripik. Oh ya, nantinya komputer/ laptop kamu akan restart sendiri berulang kali, jadi tidak boleh kuatir, karena urusan itu sebagian dari proses instalasi windows 10.

proses instalasi windows 10 berlangsung



13. Silakan masukkan product key windows 10 anda, kemudian Next. Jika tidak punya, silakan pilih Do this later. Anda dapat mengaktifkan windows 10 kamu nanti.

masukkan product key

14. Selanjutnya pilih Use Express settings.

pilih express setting windows 10

15. Pilih I own it.

pilih I own it windows 10

16. Pada halaman ini kamu disuruh login akun microsoft anda. Anda dapat melakukannya nanti, jadi pilih Skip this step.

skip this step windows 10

17. Silakan masukkan nama komputer kamu dan pun password bila butuh (alangkah baiknya diberi password biar tidak sembarang orang bisa mengakses komputer/ laptop anda). Isikan kata atau kalimat yang membantu kamu mengingat password kamu pada kolom Password hint.

masukkan password guna login windows 10

16. Proses ini tidak memakan waktu tidak sedikit kok, tunggu saja sebentar sampai kamu dibawa ke dekstop anda.

proses masuk desktop windows 10

17. Dan taddaaah, instalasi windows 10 berhasil! Berikut tampilan desktop pada windows 10 yang canggih dan menarik.

tampilan windows 10



Sesudah sukses menginstall windows 10, terus ngapain lagi yah ?

Pastinya ada sejumlah hal yang mesti kamu lakukan, andaikan menginstall antivirus, driver dan beda sebagainya. atau mengambalikan data2 yang sudah terbackup tadi.

* Sumber : https://www.webinfokomputer.xyz/2018/07/cara-install-windows-10-dengan-benar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penelusuran Informasi

Penelusuran Informasi    Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang l...